Peresmian Bendungan ‘Raksasa’ Rp 2,27 T Di Banten Oleh Presiden Jokowi

oleh -59 views
Presiden Jokowi resmikan bendungan raksasa di Banten

BANTEN, CompasKotaNews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara peresmian Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Banten, pada Senin (8/1/2024). Bendungan ini, yang disebut sebagai yang terbesar ketiga di Indonesia, berhasil diselesaikan setelah menghabiskan dana sebesar Rp 2,2 triliun.

Proses pembangunan Bendungan Karian telah dimulai sejak tahun 2015, dan menurut data Kementerian PUPR, konstruksi bendungan ini dimulai pada bulan Oktober. Dengan waktu pembangunan yang mencapai 8 tahun, pemerintah akhirnya dapat menyelesaikan proyek ini.

Dalam pidato peresmian, Jokowi menyampaikan, “Kami meresmikan Bendungan Karian yang telah dibangun sejak tahun 2015 hingga saat ini, dengan total anggaran Rp 2,2 triliun.” Pernyataan ini diambil dari rekaman acara yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (9/1/2024).

Bendungan Karian memiliki kapasitas tampung sebesar 315 juta meter kubik dan mencakup luas genangan seluas 1.773 hektare. Jokowi menegaskan bahwa manfaat dari bendungan ini akan dirasakan oleh masyarakat di Provinsi Banten hingga DKI Jakarta.

“Manfaatnya akan terasa di Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan sebagian kecil di Provinsi Jawa Barat. Pertama, bendungan ini akan memberikan manfaat irigasi bagi 22 ribu hektare lahan sawah,” katanya dalam keterangan tertulis.

Tidak hanya itu, keberadaan bendungan ini juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air baku bagi masyarakat. Manfaat ini tidak hanya terbatas pada Provinsi Banten, tetapi juga dapat dinikmati oleh penduduk Jakarta hingga Kabupaten Bogor.

“Bendungan Karian akan memenuhi kebutuhan air baku sebesar 10,6 meter kubik per detik untuk masyarakat di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang, serta di Jakarta bagian barat dan Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Sebagai informasi tambahan, menurut laporan dari detikcom, Bendungan Karian diakui sebagai waduk terbesar ketiga di Indonesia. Dibangun sejak Oktober 2015, bendungan ini akan menyediakan pasokan air baku untuk rumah tangga dan industri di sembilan kota/kabupaten di Provinsi Jakarta dan Banten, dengan total debit air mencapai 14,6 m3/detik. Rinciannya meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon sebesar 1,5 m3/detik, Maja Kabupaten Lebak sebesar 0,6 m3/detik, Kabupaten Bogor sebesar 0,2 m3/detik, Kabupaten Tangerang sebesar 3,6 m3/detik, Kota Tangerang sebesar 2,0 m3/detik, Kota Tangerang Selatan sebesar 1,8 m3/detik, dan Kota Jakarta Barat sebesar 4,2 m3/detik. (Red/BFB)

BACA JUGA  Paguron Jalak Banten Nusantara Mensukseskan Pemilu Aman dan LUBER