Rekontruksi Jalan Serang – Pandeglang Memicu Kontroversi Terkait Dugaan Pencemaran Lahan Warga

oleh -125 views

Rekonstruksi Jalan Serang-Pandeglang Memicu Kontroversi Terkait Dugaan Pencemaran Lahan Warga

Serang,beritafaktabanten.com.Pada 17 Desember 2023 – Proyek rekonstruksi ruas jalan Serang-Pandeglang menjadi sorotan karena dugaan pencemaran lahan tanah milik warga tanpa koordinasi sebelumnya. Salah satu anak dari pemilik tanah di Kampung Sarongge, Kelurahan Kamanisan, Kota Serang, mengklaim bahwa tanah milik Armi telah diganggu tanpa izin yang jelas. Menurutnya, tanah tersebut langsung digali dan dipasangi U-ditch tanpa persetujuan yang tepat, ungkapnya dengan nada kekecewaan.

Anak pemilik tanah yang tak disebutkan namanya menegaskan bahwa tindakan tersebut tidak berdasar. Ia menyatakan bahwa untuk penggunaan U-ditch dan peningkatan jalan nasional Serang-Pandeglang PJN 1, seharusnya pihak pelaksana melakukan komunikasi yang lebih baik.

Di sisi lain, observasi media lapangan menemukan bahwa pembangunan bahu jalan dengan penggunaan cor beton diduga tidak sesuai spesifikasi yang telah ditentukan. Ketebalan cor beton seharusnya 15 cm, namun hanya berkisar antara 3 hingga 5 cm, tanpa proses penggalian dan pemadatan sebelumnya.

Para pekerja yang diwawancarai media menyatakan bahwa mereka hanya mengikuti instruksi dari pelaksana proyek, yaitu TB. Septian. Mereka mengklaim bahwa mereka hanya menjalankan perintah yang diberikan.

Dalam tanggapannya terkait dugaan pencemaran lahan, TB. Septian menyebut bahwa hal tersebut hanyalah masalah kesalahpahaman komunikasi, dan menegaskan bahwa permasalahan sudah diselesaikan dengan pemilik tanah saat di konfirmasi dilokasi pengecoran pada 11 Desember 2023 di malam hari.

Terkait ketebalan cor bahu jalan yang tidak sesuai spesifikasi, TB. Septian menyatakan bahwa ia telah menginstruksikan pekerja lapangan agar memenuhi ketebalan 15 cm, namun menyebut bahwa mungkin ada keinginan pekerja untuk menyelesaikan proyek dengan cepat karena keterbatasan pengawasan. Ia membantah bahwa ia tidak selalu hadir di lokasi karena harus mengontrol beberapa tempat termasuk di wilayah Warung Gunung Rangkas Bitung.”

Namun ketebalan cor beton 3 sampai 5 cm pelebaran jalan serang Pandeglang dengan anggaran miliaran rupiah tidak adanya tanda-tanda perbaikan sampai berita ini diterbitkan,( tim)

BACA JUGA  Sistem Pemilu MK Tolak Gugatan Tetap Menggunakan Proporsional Terbuka.