Ipal Desa Baros Hancur Berantakan, Warga Keluhkan Kondisi Tanpa Perawatan

oleh -155 views

Ipal Desa Baros Hancur Berantakan, Warga Keluhkan Kondisi Tanpa Perawatan

Serang, 30 September 2023,Beritafaktabanten.com. Proyek Ipal (Instalasi Pengolahan Air Limbah) di kampung jaha Desa Baros, Kabupaten Serang, yang merupakan bagian dari program Dinas Perkim (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Serang, saat ini menghadapi masalah serius. Kondisi Ipal tersebut telah memburuk dan hancur berantakan, serta tanpa ada tindakan perawatan yang memadai.

Informasi ini muncul setelah masyarakat setempat mulai mengeluhkan dampak buruk dari kondisi Ipal yang tak terurus ini. Salah satu dampak utamanya adalah aliran kotoran air limbah yang mengalir ke sawah pertanian warga, merusak lingkungan sekitar dan menjadi ancaman serius bagi kesehatan karena kondisinya yang hancur berantakan piva 6″ Saluran utama limbah yang menuju penampungan diduga kurang bagus sehingga mudah rusak, sampai saat ini tanpa ada perawatan yang memadai.terang warga setempat.

Kepala Desa Baros, Parlan, mengonfirmasi situasi tersebut. Ia mengatakan, “Kami telah menerima banyak keluhan dari warga mengenai kondisi Ipal yang rusak parah ini. Air limbah yang mengalir ke sawah pertanian telah mengganggu produktivitas pertanian kami kata warga, dan kami khawatir akan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat sekitar.”keluh warga,terang Parlan kepala desa baros.

Kondisi Ipal yang rusak ini juga menimbulkan kekhawatiran tentang potensi pencemaran lingkungan dan sumber air tanah di sekitarnya. Para ahli lingkungan mengingatkan bahwa tindakan segera diperlukan untuk memperbaiki situasi ini guna mencegah kerusakan lingkungan yang lebih lanjut.sambung parlan.

Dalam situasi ini, masyarakat Desa Baros meminta pihak Dinas Perkim Kabupaten Serang untuk segera mengambil tindakan perbaikan yang memadai terhadap Ipal yang rusak. Mereka juga berharap agar tindakan pencegahan pencemaran lingkungan dapat dilakukan segera untuk melindungi sumber air dan lingkungan masyarakat.terang warga.

BACA JUGA  Usut Tuntas, Dimana Kebebasan Pers, Sehingga Ada Jurnalis Yang Menjadi Korban Saat Menjalankan Tugas

Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari pihak Dinas Perkim Kabupaten Serang terkait masalah ini. Kami akan terus mengikuti perkembangan situasi ini dan memberikan informasi lebih lanjut seiring berjalannya waktu.Mengingat kondisi Ipal di kampung jaha Desa Baros harus segera ditangani oleh pihak yang bersangkutan yaitu Dinas Perkim Kabupaten Serang, karena selama ini belum pernah ada dilaksanakannya perawatan,kemana anggarannya?… tanya warga.(RS)