Tanaman Pisang Sandres Patut di Tingkatkan Mampu Menopang Ekonomi Kerakyatan di Desa Panyabrangan.

oleh -137 views

Tanaman Pisang Sandres Patut di Tingkatkan Mampu Menopang Ekonomi Kerakyatan di Desa Panyabrangan

Serang,BeritaFaktaBanten.Com.Lahan pertanian masyarakat Desa Panyabrangan Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang Banten, yang seluas 5 hektare, kini menjadi tempat bagi tanaman pisang sandres yang menjanjikan. Sebanyak 10 ribu batang pisang sandres ditanam oleh 20 orang pemilik lahan ini, dengan harapan agar tanaman ini dapat berkembang secara maksimal, memberikan manfaat ekonomi kepada warga, dan mendukung ketahanan pangan kerakyatan di daerah ini.

Kepala Desa Panyabrangan, Sukma, menjelaskan bahwa selain pisang sandres, lahan pertanian ini juga ditanami pepaya kalifornia, palawija seperti cabe, timun, dan sayur mayur. Hal ini menunjukkan keragaman produksi pertanian yang diusahakan oleh masyarakat Desa Ujarnya.

“Saat ini, kami sedang berupaya keras untuk mengoptimalkan lahan pertanian ini agar dapat mendukung ekonomi kerakyatan,” kata Sukma saat diwawancarai pada Selasa, 26 September 2023, di kebun mereka.

Ketua kelompok tani mandiri 3, Udong, membenarkan bahwa lahan pertanian ini memiliki potensi besar dalam mendukung ketahanan pangan kerakyatan. “Kami berharap dapat mengembangkan lahan pertanian hingga mencapai 50 hektare di area ini asalkan terdapat pemasaran yang baik dan penjamin pasarnya,” tambahnya.

Pisang sandres, salah satu fokus utama pertanian di Desa Panyabrangan, memiliki waktu panen yang relatif singkat, yaitu sekitar 10 hingga 12 bulan. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi para petani. Selain itu, masyarakat setempat juga baru-baru ini menerima bantuan berupa sumur dangkal dari Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BPTHT) Provinsi Banten, yang akan meningkatkan ketersediaan air untuk pertanian.jelasnya.

Udong juga menyebutkan bahwa pemerintah desa telah membangun jalan usaha tani (JUT) yang akan mendukung transportasi dan aksesibilitas ke lahan pertanian. Hanya tinggal sekitar 250 meter lagi untuk menyelesaikan pembangunan JUT ini.lanjut udong

Dengan upaya bersama dan dukungan yang ada, Desa Panyabrangan berharap dapat menjadikan pertanian pisang sandres dan komoditas lainnya sebagai pilar ekonomi yang kuat bagi masyarakat desa, serta memperluas lahan pertanian untuk meningkatkan produksi dan ketahanan pangan, pungkasnya udong (Rais)

BACA JUGA  Cara Akses Website yang di Blokir