Ketua LSM Nusantara Provinsi Banten, Aminudin Menindaklanjuti Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa di Desa Cirangkong.

oleh -237 views

Ketua LSM KPK Nusantara Provinsi Banten, Aminudin, Menindaklanjuti Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa di Desa Cirangkong

Provinsi Banten, beritaFaktaBanten.Com- Ketua LSM KPK Nusantara Provinsi Banten, Aminudin, telah mengumumkan bahwa LSM tersebut akan segera menindaklanjuti dugaan penyalahgunaan dana desa di Desa Cirangkong, Kecamatan Petir. Dugaan ini berkaitan dengan pekerjaan Rabat Beton Jalan lingkungan kampung Parigi RT 14/03 yang menelan Anggaran Dana Desa (DDS) tahap 2 senilai Rp. 258.704.102,00.selasa 19/9/23

Menurut Aminudin, dugaan tersebut adalah bahwa pekerjaan tersebut telah disubkontraktorkan kepada pihak ketiga, yang menimbulkan kecurigaan terhadap kesesuaian dalam pelaksanaannya. LSM KPK Nusantara Provinsi Banten telah mengirim permohonan untuk evaluasi rencana dan peraturan desa terkait anggaran pendapatan belanja desa, serta meminta inspektorat kabupaten Serang untuk segera bertindak dalam menyelidiki dugaan ini.kata Aminudin.

Aminudin menyatakan, “Dalam hal adanya dugaan tersebut apabila tidak ada tindakan tegas dari inspektorat, maka kami LSM KPK Nusantara Provinsi Banten akan menindaklanjuti kepada Aparat Penegak Hukum (APH). Anggaran Dana Desa milik masyarakat desa seharusnya dikelola dan dikerjakan oleh masyarakat secara swakelola, sesuai dengan dokumen permohonan evaluasi rencana dan peraturan desa tentang Anggaran Pendapatan Belanja Desa.”jelasnya.

Sementara itu, seorang wartawan di wilayah Petir mengkritik dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut menggunakan tenaga pihak ketiga yang seharusnya menggunakan tenaga masyarakat di swakelolakan dalam proyek tersebut, yang menurutnya melanggar aturan. Wartawan tersebut tidak disebutkan namanya,dalam komentar ini.

Kami akan terus mengikuti perkembangan kasus ini dan memberikan informasi lebih lanjut seiring berjalannya penyelidikan oleh inspektorat dan potensi tindakan hukum yang mungkin akan diambil oleh LSM KPK Nusantara Provinsi Banten.(RS/CP)

BACA JUGA  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di Masyarakat Kp.Limus Buek Pada Minggu 1 Oktober 2023