Penyelenggaraan Keselamatan Berlalu Lintas Rescue Journey Tahap Dua.

oleh -170 views

Beritafaktabanten. com. “

JAKARTA – Hari ini, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), mengumumkan dukungannya terhadap pembekalan Rescue Journey tahap kedua. Kegiatan ini diselenggarakan oleh IMI bersama dengan Ride Safety Culture Education Journey (RESCUE), InaNews, 645 Magazine, Tekiro Handtools, serta Mayapada Hospital. Setelah keberhasilan acara sebelumnya di Black Stone Garage pada Juli 2023, pembekalan Rescue Journey berikutnya akan berlangsung pada 1 Oktober 2023 di Gedung Tekiro, Jakarta.

Pada acara tersebut, Bambang Soesatyo menyatakan harapannya agar para peserta dapat meningkatkan pengetahuan dasar-dasar mengemudi. Ini mencakup keterampilan mengendarai sepeda motor, kemampuan untuk mengantisipasi kecelakaan, pelatihan reaksi cepat, dan pemahaman tentang peralatan keselamatan, baik dalam kendaraan maupun perlindungan pribadi pengendara. Semua ini bertujuan untuk mengurangi angka kematian dan kecacatan akibat keterlambatan atau kesalahan dalam memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari TEKIRO, termasuk Marketing Dept Head Hery dan Public Relation and Digital Marketing Manager Dody Sanjaya, serta perwakilan dari InaNews, seperti GM Satria Agung Purwanto dan Project Event Manager Sonny Yulisman.

Bambang Soesatyo, yang pernah menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan, menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam Rescue Journey. Ini mencakup prinsip memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan lalu lintas, manajemen lokasi kejadian kecelakaan, penilaian dan pemilahan tingkat kegawatan korban, metode evakuasi dengan satu atau dua penolong, tindakan pertama untuk mengatasi masalah pernapasan, serta mengendalikan pendarahan.

Selain itu, peserta juga akan mempelajari cara mencari sumber pendarahan, mengidentifikasi pendarahan yang berbahaya, langkah-langkah untuk menghentikan pendarahan, teknik balut tekan, dan bagaimana mengangkut korban kecelakaan.

Bambang Soesatyo menekankan pentingnya pemahaman mengenai penanganan pertama pada kecelakaan, terutama bagi anggota komunitas otomotif. Dengan lebih dari 3 ribu kegiatan touring yang diadakan setiap tahunnya oleh berbagai komunitas, pemahaman ini dianggap sangat penting. Kesalahan dalam manajemen pertolongan adalah sesuatu yang dapat dicegah, dan dengan pengetahuan yang lebih baik tentang cara memberikan pertolongan, semakin banyak korban yang dapat diselamatkan.

BACA JUGA  MUSYAWARAH DESA DI DESA TEJAMARI UNTUK PEMBAHASAN RKP-Des TAHUN 2024 DAN DURKP-Des TAHUN 2025.

Semoga pembekalan Rescue Journey tahap dua ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan membantu mengurangi kecelakaan lalu lintas yang tragis tuturnya.

Red (yd).