Rakerda APDESI provinsi Banten Bahas Revisi UU nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

oleh -223 views

Rakerda APDESI Provinsi Banten Bahas Revisi UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Banten,beritafaktabanten.com.Senin 2 Juli 2023 – Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Banten menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pada hari Senin 2 juli 2023 di Mirbella Hotel Anyer kabupaten Serang. Rakerda ini bertujuan untuk membahas revisi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa yang sedang diajukan di tingkat nasional.

Rakerda APDESI Provinsi Banten dihadiri oleh puluhan perwakilan pemerintah desa dari beberapa kabupaten, di antaranya, kabupaten serang, kabupaten Pandeglang, kabupaten Lebak Rangkasbitung dan kabupaten Tangerang di Provinsi Banten. Turut hadir dalam acara ini Ketua APDESI Provinsi Banten, H.UHADI.SH.turut hadir kepala desa koroncong MUHADI sebagai sekjen di APDESI,serta beberapa narasumber dari berbagai kalangan di Provinsi Banten yang terlibat dalam pembahasan revisi UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Dalam sambutannya, Ketua APDESI Provinsi Banten menyampaikan pentingnya revisi UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa agar dapat mengakomodasi perubahan-perubahan yang terjadi dalam pengelolaan pemerintahan desa. Dia juga mengungkapkan bahwa melalui rakerda ini, APDESI Provinsi Banten berharap dapat memberikan masukan dan rekomendasi kepada anggota DPR RI dalam proses pembahasan revisi tersebut.

Selama Rakerda berlangsung, peserta membahas berbagai aspek yang perlu direvisi dalam UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Beberapa topik utama yang dibahas antara lain adalah peningkatan kewenangan desa, penguatan peran dan fungsi perangkat desa, serta peningkatan sumber daya manusia dalam pengelolaan pemerintahan desa.

Selain itu, peserta juga membahas tentang pentingnya pemberdayaan masyarakat desa dalam pengambilan keputusan, transparansi anggaran desa, dan peningkatan akses pelayanan dasar bagi masyarakat desa. Diskusi yang berlangsung sangat konstruktif, dengan berbagai gagasan dan pemikiran yang diajukan oleh para peserta.

BACA JUGA  SMA dan SMK ATAUFIQIYYAH, YAYASAN PESANTREN ATAUFIQIYYAH LAPANG Kampung Sawah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang.

Ketua APDESI Provinsi Banten,H.UHADI.SH, menyampaikan harapannya bahwa hasil dari Rakerda ini dapat menjadi acuan dan bahan masukan yang berharga bagi pihak terkait dalam penyusunan revisi UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Dia juga mengapresiasi partisipasi aktif dan kontribusi peserta dalam diskusi yang telah berlangsung.

Rakerda APDESI Provinsi Banten ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam menyuarakan aspirasi dan kebutuhan pemerintah desa di Provinsi Banten terkait dengan revisi UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Selain itu, hasil dari rakerda ini diharapkan dapat menjadi pijakan yang kuat untuk memperbaiki dan memperkuat regulasi mengenai pemerintahan desa di Indonesia.pungkasnya(RS)