Hasil Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis:
Skor 1-2

oleh -169 views
Duel antara gelandang Inggris, Jude Bellingham dengan penyerang Prancis, Kylian Mbappe pada babak perempat final Piala Dunia 2022, Minggu (11/12/2022) WIB. (c) AP Photo/Fransisco Seco

BFBSport – Impian Inggris menjuarai Piala Dunia 2022 kandas ketika hanya mencapai perempat final setelah disingkirkan Prancis.

Inggris kalah 1-2 dari Prancis di Stadion Al Bayt, Minggu (12 November 2022) WIB dini hari. Penalti Harry Kane (54) tidak cukup untuk mengimbangi gol Aurélien Tchouameni (17) dan Olivier Giroud (78).

Inggris sebenarnya memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan di menit ke-82 karena mereka diberikan penalti lagi. Hanya saja, Kane yang tampil ke depan bak algojo tak mampu mencetak gol.

Berkat kemenangan ini, Prancis mencapai semifinal. Sang juara bertahan menghadapi tantangan melawan Maroko, yang satu kakinya melangkah ke semifinal.

Babak Pertama

Prancis menunjukkan antusiasme sejak menit pertama. Les Bleus ingin menyerang pertahanan lambat Inggris.

Taktik membuahkan peluang pertama di menit 11. Umpan silang Ousmane Dembele dipadukan dengan sundulan Olivier Giroud. Sayang, sundulannya terlalu lemah dan tepat di pelukan kiper Pickford.

Prancis akhirnya memimpin pada menit ke-17 berkat gol dari Tchouameni. Dia tidak menembak jarak jauh karena dia tidak terlindungi. Tendangan silangnya diarahkan ke pojok bawah gawang Inggris.

Inggris memiliki empat peluang dalam setengah jam pertama. Tendangan bebas Luke Shaw, peluang Harry Kane dan Jude Bellignham dari jarak pendek dan panjang semuanya berhasil diselamatkan kiper Lloris.

Jual beli serangan kedua tim berakhir tanpa gol lagi. Prancis terbantu oleh tembakan jarak jauh Tchouameni. Sedangkan Inggris tidak memiliki peluang untuk mengalahkan Lloris.

Babak Kedua

Lloris melakukan penyelamatan luar biasa di menit 46. Tendangan voli Bellingham yang sulit diselamatkan oleh Lloris.

Namun, Lloris gagal menunjukkan kepiawaiannya saat wasit Wilton Pereira Sampaio menghadiahkan penalti kepada Inggris, Kane sukses menjadi algojo dan menyamakan kedudukan di menit 54.

BACA JUGA  Diincar Manchester United, Harry Kane Memilih Setia Kepada Tottenham Dan Langsung Memperpanjang Kontraknya

Tchouameni melakukan pelanggaran penalti, maaf untuk Saka yang masuk ke kotak Prancis.

Gol tersebut terus mendorong Inggris ke posisi ofensif. Aksi individu Saka dan Kane yang mengambil bola diakhiri dengan tembakan tepat sasaran yang berhasil diselamatkan Lloris.

Namun, Prancis memanfaatkan kecerobohan Inggris yang gelisah untuk menyerang. Berkat bola mati, umpan Griezmann dipimpin oleh Giroud. Prancis kembali memimpin pada menit ke-78.

Empat menit kemudian, Inggris kembali mendapat penalti dari wasit. Theo Hernandez melanggar Mason Mount saat mencoba menerima bola.

Kane mundur sebagai algojo. Tapi kali ini, Kane tidak mengerjakan pekerjaan rumahnya. Tendangannya membentur mistar gawang dan Inggris tak mampu menyamakan kedudukan.

Itu adalah kesempatan emas terakhir Inggris di pertandingan ini. Ada peluang lain, tapi tidak sebagus penalti Kane yang gagal.

Susunan Pemain

Tim Inggris

(4-3-3):

Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones (Jack Grealish 90+8), Harry Maguire, Luke Shaw; Jordan Henderson (Mason Mount 79′), Declan Rice, Jude Bellingham; Bukayo Saka (Raheem Sterling 79′), Harry Kane, Phil Foden (Marcus Rashford 85′).

Pelatih:

Gareth Southgate

Prancis (4-2-3-1):

Hugo Lloris; Jules Koundé, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Théo Hernandez; Aurélien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Kingsley Coman 79′), Antoine Griezmann, Kylian Mbappé; Olivier Giroud.

Pelatih: Didier Deschamps